Monday, May 27, 2013

Impian

Semua orang sering berbicara tentang impian mereka, tentang cita-cita mereka, ya tentang harapan kehidupan mereka. Namun apakah impian itu? pertanyaan itu terkuat kala perbincangan hangat bersama pak Hendra salah satu partner kerja ayah saya. Berbicara mengenai impian, beliau memiliki pandangan bahwa impian harus memiliki 5 unsur. Pertama impian haruslah spesifik, sesuatu yang kita inginkan adalah sesuatu yang harus benar-benar spesifik dan kita tahu secara pasti. Unsur berikutnya adalah dapat diukur. Selain spesifik, impian juga harus dapat diukur. Bagaimana kita dapat mengetahui kita sudah mencapai atau belum jika hal tersebut tidak dapat diukur, jadi diperlukan alat ukur yang jelas untuk setiap impian kita. Unsur ketiga adalah achievable, artinya adalah mungkin untuk diraih. Impian kita bukan sesuatu yang hayalan semata, serta kita mengetahui bagaimana cara untuk mencapainya. Unsur keempat yaitu alasan, artinya kita tahu secara pasti alasan kita mengapa kita harus menggapai impian kita tersebut. Kalau kita sendiri tidak tahu alasannya secara pasti, mengapa kita harus meraihnya? Unsur yang terakhir adalah jangka waktu. Kita mengetahui kapan waktu kira-kira kita dapat meraihnya. Jadi kita selalu mempersiapka segala sesuatunya untuk meraih impian kita tersebut.

Tersentak saat mengetahui hal tersebut. Saya pribadi masih sangat sulit mendefinisikan impian saya. Lalu saya berfikir, kalau saya tidak dapat mendefinisakannya bagaimana saya mengatahui saya akan meraihnya? Ayo teman, jangan putus asa untuk selalu bermimpi, dan pastikan unsur-unsur tersebut sudah diketahui secara pasti. Karena Hidup berawal dari MIMPI. 

No comments:

Post a Comment